Jawa timur

Cek Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0808/Blitar Gelar Tes Garjas Periodik I TA. 2024 

96
×

Cek Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0808/Blitar Gelar Tes Garjas Periodik I TA. 2024 

Sebarkan artikel ini

Dutacyber.com – Blitar – Untuk mengecek kemampuan fisik para prajurit, Kodim 0808/Blitar menggelar tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik I TA. 2024, bertempat di Lapangan Yonif 511/DY Kel. Karangtengah Kec. Sananwetan Kota Blitar, Senin (29/4/2024).

Kegiatan tes kesegaran jasmani ini merupakan program per semester dari Komando Atas, dengan tujuan untuk mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan fisik perorangan bagi setiap prajurit, khususnya untuk anggota Kodim 0808/Blitar. Hal ini sangatlah penting, karena dengan kondisi fisik yang prima akan dapat mendukung tugas pokok, sehingga dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Tes Garjas periodik I TA. 2024 dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 29 s.d 30 April 2024. Adapun materi yang diujikan meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari selama 12 menit dan tes kesegaran “B” dengan materi Pull Ups, Sit Ups, Push Ups dan Shuttle Runs.

Selain tes kesegaran A dan B, kemudian dilanjutkan tes ketangkasan renang dasar dengan jarak 50 meter gaya dada, bertempat di Kolam Renang Yonif 511/DY.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh peserta mengikuti pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari Polkes 05.09.03 Blitar, yakni pengecekan tensi dan denyut nadi, untuk memastikan seluruh peserta siap melaksanakan tes Garjas.

Setelah semua tahapan awal selesai, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan senam peregangan dan pemanasan, dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan tes Garjas.

Sementara itu, Pgs. Pasi Pers Kodim 0808/Blitar Kapten Inf Dwi Haryanto saat ditemui di lokasi menyampaikan, “Agar para prajurit dalam pelaksanaan tes Garjas kali ini supaya dilaksanakan dengan maksimal. Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, akan tetapi untuk tetap utamakan faktor keamanan,” urainya.

“Ikuti semua yang di instruksikan oleh tim penguji, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan,” tambahnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Dwi Haryanto berharap, “Semoga pelaksanaan tes kesegaran jasmani kali ini dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman, serta dengan hasil yang optimal tentunya,” pungkasnya (Dim0808).

 

(Ahmad s).