Kalimantan Barat

Cegah Kegiatan PETI, Bhabinkamtibmas Polsek Bunut Hulu Bersama Tiga Pilar Laksanakan Sosialisasi

91
×

Cegah Kegiatan PETI, Bhabinkamtibmas Polsek Bunut Hulu Bersama Tiga Pilar Laksanakan Sosialisasi

Sebarkan artikel ini

Dutacyber.com – Polres Kapuas Hulu , Polda Kalbar – Untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) di Kecamatan Bunut Hulu, Bripka Heri Saputra salah satu anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bunut Hulu bersama Camat Bunut Hulu dan anggota Babinsa Koramil Bunut Hulu serta Kades Beringin melaksanakan Sosialisasi dan himbauan tentang larangan melakukan kegiatan penambangan tanpa ijin di aula kantor Desa tersebut.

Bhabinkamtibmas Polsek Bunut Hulu Bripka Heri Saputra menuturkan, dengan dilaksanakan sosialisasi ini sebagai cara untuk memberikan pemahaman, dan himbauan kepada warga masyarakat bersama agar meninggalkan kebiasaan bekerja emas tanpa ijin, karena kegiatan pekerjaan ini menimbulkan dampak rusaknya lingkungan.

Ditempat terpisah, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian mengatakan bahwa Pertambangan Emas Tanpa Ijin dapat merusak ekosistem sungai dan menyebabkan tanah longsor.

“Larangan untuk melakukan PETI khususnya penambang emas illegal dilarang berdasarkan undang-undang RI Nomor 04 Tahun 2009 tentang pertambangan, mineral dan batubara dan diancam hukuman penjara 10 tahun dan denda Rp 10 Miliar,” ujarnya.

Sosialisasi ini, lanjut Iptu Jaspian, dilakukan sebagai langkah awal untuk memberikan edukasi kepada para pelaku PETI.

“Kami berharap dengan imbauan ini masyarakat tidak melakukan penambangan emas apabila tidak mempunyai ijin, karena dapat merusak ekosistem dan pencemaran lingkungan,” ujar mantan Kasihumas Polres Kapuas Hulu.

Penulis : Humas Polsek Bunut Hulu