Uncategorized

HAUL KERAJAAN KUBU DAN PERSIAPAN PENOBATAN “SYARIF AHYAR” MENJADI “RAJA KERAJAAN KUBU”

33
×

HAUL KERAJAAN KUBU DAN PERSIAPAN PENOBATAN “SYARIF AHYAR” MENJADI “RAJA KERAJAAN KUBU”

Sebarkan artikel ini

Kubu Raya – Kalimantan Barat – Pada hari Sabtu 17 Juni 2023 Keluarga besar Kerajaan Kubu menggelar Haul Akbar atau Hari Ulang Tahun (HUT) wafatnya Sayyid Idrus bin Abdurrahman Alaydrus, Raja Kubu Pertama di Desa Kubu, Masjid Khairussa’adah Komplek Makam Raja Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

Adapun dalam Prosesi Haul yang dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh agama serta seluruh masyarakat Kubu berjalan dengan Hikmah,Aman dan Damai.

Dalam Rangkaian Prosesi Haul dengan Melantunkan Tahlilan dan doa serta pembacaan manakip, yang mana Seluruh Kegiatan rangkaian Haul Kerajaan Kubu Mendapatkan Pengamanan dari kepolisian sektor wilayah Kubu.

SEJARAH KERAJAAN KUBU

Sejarah Kerajaan Kubu yang wilayahnya meliputi Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Ambawang, Kecamatan Terentang, Kecamatan Kubu, Kecamatan Batu Ampar, Sungai Kakap dan Teluk Pakedai, Yangmana dulunya hanya Merupakan Wilayah Kecil Namun kini sudah Menjadi Kabupaten Kubu Raya sejak Juli 2007.

Kerajaan Kubu Adalah merupakan aset budaya, sejarah bangsa Indonesia, terutama Sejarah Kerajaan Yang Telah Terukir Secara Nyata diKabupaten Kubu Raya, Propinsi Kalimantan barat.

Sehingga, seluruh aset baik itu dalam bentuk Budayanya maupun Dalam Bentuk Cagar atau Situs Sejarahnya ini perlu terus dilestarikan dengan terus menjaganya secara bersama. “Haul ini dilaksanakan juga salah satu diantaranya untuk melestarikan Terah kerajaan Kubu Sesuai Dengan Nasab ( Keturunan ) yang Sebenarnya, Selain itu pula Untuk Memperlihatkan Kepada Masyarakat Nusantara dalam Rangka Legitimasinya akan eksistensi sejarahnya bahwa Benar Keberadaan kerajaan Kubu itu Ada.

Dukungan Masyarakat Batu Ampar.

Haji Junaidi adalah salah satu tokoh Masyarakat Batu Ampar yang Sangat Mendukung Keberadaan Kerajaan Kubu yang tanpa Ragu mengatakan Bahwa Kerajaan Kubu ini adalah Kerajaan Tertua yang Berada di Kalimantan Barat ini, dimana Keraton Kerajaan Kubu sudah Ada Sejak Jaman dahulu sehingga Keraton Kerajaan Kubu ini Mesti Kita Jaga dan Kita Lestarikan dengan Maksud Agar Supaya Keberadaan Kerajaan Kubu Tetap Ada.

Haji Junaidi Juga Sangat Mendukung Rencana Acara Prosesi Penobatan Raja Kerajaan Kubu sesuai Nasab Keturunan Yang Sebenar benarnya Agar tidak terjadinya lagi Pengakuan pengakuan Adanya Raja Kerajaan Kubu yang Tidak Jelas dan tidak Berdasar dari Pihak lain yang tidak bisa di Pertanggung Jawabkan Baik itu Secara Hukum maupun tidak bisa dipertanggung jawabkan Secara Historis, kata Haji Junaidi lagi.

Haji Junaidi Juga Bertekad akan menjaga Seluruh Zuriyat Kerajaan Kubu beserta Situs Sejarah Kerajaan Kubu baik itu dalam Bentuk Peningkatan Pembangunannya Maupun Dalam Rangka Pengembangan Sejarah Besarnya Agar tidak Punah dan Hilang ditelan Oleh Waktu, saya Komitmen dan Konsisten Akan Menjadikan Kerajaan Kubu Sebagai ICON Sejarah serta Sebagai ICON Wisata Religi di Kabupaten Kubu, sebut Haji Junaidi Dengan Semangat.

Datok Petinggi Adat.

Yayat Darmawi,SE,SH,MH yang telah di Nobatkan Oleh Alm Syarif Syahril Menjadi Datok Petinggi Adat Sangat Memberikan Aplus dan Spirit bagi Keluarga Besar Nasab Kerajaan Kubu yang Telah Melaksanakan Haul dan akan dilanjutkan melakukan Prosesi Penobatan Syarif Ahyar menjadi Raja Kerajaan Kubu, dalam Hal ini juga Sebagai Datok Petinggi Adat Kerajaan Kubu Saya Secara Hukum yang mana saya juga Sebagai Penasehat Hukum Kerajaan Kubu akan Menjaga dan Melindungi Sejarah Serta Kebenaran Nasab Kerajaan Kubu sesuai dengan Terah Kerajaan yang sebenar benarnya, kata Yayat.

Hamdani/Yayat Darnawi