Uncategorized

Keluarga Besar Mbah Sukiman, Jiyem Mindi Blora Berkumpul Untuk Mempererat Tali Silaturrahim

273
×

Keluarga Besar Mbah Sukiman, Jiyem Mindi Blora Berkumpul Untuk Mempererat Tali Silaturrahim

Sebarkan artikel ini

 

BLORA – Jawa tengah – Keluarga Besar Mbah Sukiman, Jiyem Mindi Blora Berkumpul Untuk Mempererat Tali Silaturrahim,Rabu 10-4-24.

Tempat berkumpul keluarga Sukiman tersebut dirumahnya dukuh Mindi desa Pelem Kecamatan Jati Doplang Kabupaten Blora Jawa tengah.

 

Silaturrahim merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mempererat hubungan baik sesama manusia. Menurut tinjauan bahasa Arab, Silaturrahim terdiri dari dua kata yaitu “shilah” (menyambung) dan “Rahim” (rahim wanita / kekeluargaan). Sehingga dapat diambil kesimpulan silaturahim adalah menjalin hubungan baik dengan kerabat, sanak saudara yang masih berhubungan darah dengan kita. Pada prakteknya orang yang selalu menyambung silaturrahim akan mendapatkan pahala. Namun bagi orang yang memutus silaturrahim secara jelas Allah mengancam akan memasukan orang tersebut ke neraka.

 

Terjalinnya hubungan yang harmonis, panjangnya umur dan lapang nya pintu rezeki merupakan manfaat yang didapatkan bagi seseorang yang mempererat silaturrahim. Saling berkunjung, memberi hadiah, dan bertukar salam terutama pada momen Idul Fitri 1Syawal 1445 H 2024 / Idul Adha dapat dimanfaatkan untuk menyambung silaturrahim.

Sayangnya masih banyak orang yang memilih-milih untuk melakukan silaturrahim terutama pada kerabat bahkan dengan sengaja memutuskan silaturrahim. Banyak yang rela memutus silaturahim karena menganggap hal itu tidak penting. Mereka tidak saling menyapa bahkan sampai adu mulut dan adu fisik, karena hal kecil yang dibesar-besarkan menimbulkan pertengkaran. Egoisme masing-masing mereka yang tinggi sehingga enggan untuk mengalah dan meminta maaf terlebih dahulu. Padahal jelas dalam beberapa hadist nabi Muhammad SAW bersabda :

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ قَالَ إِنَّ جُبَيْرَ بْنَ مُطْعِمٍ أَخْبَرَهُ

أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعٌ

 

“Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari ‘Uqail dari Ibnu Syihab bahwa Muhammad bin Jubair bin Muth’im berkata; bahwa Jubair bin Muth’im telah mengabarkan kepadanya bahwa dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan masuk surga orang yang memutus silaturrahim.” (HR. Bukhari : 5525).

Mbah Jiyem mengungkapkan perasaan senang hati lega , jika anak-anak cucu bisa kumpul menjadi satu

 

” Ati wes Lego seneng anakku putuku teko kabeh, Alhamdulillah sehat waras kabeh,mugo-mugo riyoyo ngajeng iso ketemu maneh ,Kanti sehat waras sakkabehane. Aamiin”. Pungkasnya.

 

( Sukindar)